Headlines News :
Home » » Profil Jurusan Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar

Profil Jurusan Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar

Written By Mata Pena Sang Jurnalis on Senin, 09 April 2012 | 08.37


 
Mungkin sebagian orang bertanya-tanya,benarkah ada jurusan Jurnalistik di UIN? Pertannyaan lain muncul seperti apa basis alumni yang dihasilkan dan orientasi lapangan kerjanya kedepan?,dan kali ini penulis akan mencoba mengungkap profil jurusan jurnalistik ini.


Jurusan jurnalistik UIN adalah jurusan yang dibawahi oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi(FDK) dan termasuk jurusan yang umum,jurusan ini tergolong baru dibanding jurusan lainnya,berdiri pada tahun 2005 dan baru mendapatkan akreditasi pada tahun 2009 oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan Surat Keputusan (SK) No.Dj.I/619/2009 dengan nilai 294,tentang status peringkat dan hasil akreditasi program sarjana di UIN Makassar. 

Dalam setiap jurusan tentulah memiliki visi dan misi yang jelas untuk orientasi alumni yang dihasilkannya dan berikut adalah visi dan misi jurusan Jurnalistik UIN:
a) Visi prodi/ jurusan jurnalistik
· Sebagai pusat kajian dan praktek kajian jurnalistik menuju tercapainya jurnalis yang profesional,islami dan berakhlak mulia.
b) Misi prodi/jurusan jurnalistik
· Melaksanakan,mengembangkan pendidikan dan pengajaran jurnalistik yang islami
· Melaksanakan praktek jurnalistik yang islami dan profesional
· Menyiapkan sarjana jurnalistik yang profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
Salah satu hal yang membedakan jurusan jurnalistik UIN dan jurusan jurnalistik di perguruan tinggi lainnya adalah jurusan jurnalistik di UIN akan menjadi jurnalistik yang islami dalam artian bahwa jurnalistik yang mengaplikasikan nilai-nilai islam dalam proses pekerjaannya.Meski baru berdiri enam tahun,jurusan jurnalistik juga mampu bersaing dengan jurusan-jurusan lain di FDK ini,terbukti dari prestasi mahasiswanya yang pernah menjabat sebagai ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) priode 2008-2009.Tak hanya itu alumni-alumninya pun sudah mampu diperhitungkan terbukti dari beberapa alumninya yang saat ini sudah banyak bekerja di media-media lokal di Sulawesi Selatan.

Sehingga diharapkan Jurusan jurnalistik kedepan mampu melahirkan jurnalis-jurnalis handal,profesional dan islami tentunya,apalagi dengan hadirnya ketua jurusan yang bergelar S3,Dr Nurhidayat M Ag.

Untuk menambah pengetahuan mahasiswa jurnalistik,maka jurusan jurnalistik juga sering melakukan kunjungan-kunjungan ke media lokal yang ada di Sul-Sel baik itu media cetak maupun elektronik.Selain itu,hadirnya laboratorium radio maupun televisi akan semakin menambah keunggulan jurusan ini.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mata Pena Sang Jurnalis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger